Rabu, 07 April 2010

Khath Kontemporer



Mungkin hanya kaligrafi yang bisa menggabungkan dua aliran lukis berlainan kutub. Abstrak namun realis. Realis namun juga abstrak. Sehingga susah menyebutnya perpihak pada siapa.
Pada awalnya kaligrafi memang abstrak. Huruf-huruf yang disapukan bukanlah merupakan tiruan dari benda-benda yang ada di sekeliling. Namun karena imajinasi manusia selalu mengasosiasikan bentuk –mungkin untuk mempermudah– akhirnya huruf alif disebut seperti tiang listrik yang condong sedikit ke kiri (untuk gaya naskhi). Huruf ba ada yang menyebutnya seperti perahu yang tengah berlayar. Asosiasi seperti ini sering kita temukan dibuku kaidah untuk memperkenalkan istilah-istilah.
Anda sudah pernah mendengar ‘ain finjani atau ‘ain shadi? Dalam belajar kaligrafi ada beberapa istilah untuk menyebut bentuk huruf. Ain finjani merupakan huruf ain awal –disebut dalam gaya tsuluts– yang bersambung dengan huruf alif atau huruf ke atas. Finjani yang artinya cangkir (benar atau tidak ya?) itu merupakan pengasosiasian dengan bentuk cangkir yang cembung (ndemblek dalam bahasa Jawa). Sedangkan ‘ain shadi merupakan ‘ain awal biasa yang bersambung dengan huruf datar atau huruf menurun.
Namun kesemuanya itu hanya istilah. Istilah untuk menyebut keabstrakan menjadi realis.
Dan, kaligrafi yang abstrak kemudian seolah mencari bentuk untuk mendobrak “kesepiannya”. Bentuk-bentuk itu meruang, beraduk, bertumpuk-tumpuk, hingga tampak seperti rembulan yang muncul dibalik semburat awan. Atau, tiga ekor kuda liar yang seolah mencari jalan kebebasan.

Hubungi WorkShop kami SixroneStudyo di http://sixrone-std.blogspot.com/ atau SMS ke 0852.77.816.609 sekarang untuk info..!

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari ! 609 Sixrone langsung di inbox anda:


1 komentar:

  1. mantap banget.... saya suka tulisannya... saya juga suka menulis, coba lihat tulisan saya. bagaimana menurut anda...

    BalasHapus

Assalamu'alaikum...
Haaaiiii Sahabatku...
Silahkan kasih komentar kamu buat Sixrone Community...

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم...

 

About Me

Foto Saya
Nahnu el-mutakhaarijiin min ma'had el_Falah Abu Lam U. sixrone community adalah kumpulan para alumni Dayah Modern Al-Falah Abu Lam U, LamJampok, Nanggroe Aceh Dar el_Salam yang merupakan letting ke-X, lulus pada tahun 2009, sehingga diberi nama 609 [six-zero-nine] disingkat SIXRONE. setelah lulus mereka tak ingin bercerai sehingga didirikanlah komunitas persahabatan dengan nama "sixrone community". komunitas ini juga memiliki markaz yang juga berfungsi sebagai studio grafis yang dulu berada tepat di belakang mesjid Al-Falah dan sekarang dengan beberapa sebab pindah ke alamat baru di jln Blang Bintang Lama Km. 0,5, Lam Ateuk, Koeta Baro, Aceh Besar, Nanggroe Aceh Dar el-salam. Kami mohon do'a serta dukungan agar kami terus berkembang, berkah, dan berjaya... amiiieenn....

Pengikut